Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Friday 29 November 2013

Slash Guitar Legend




Saul Hudson lebih sering diketahui sebagai Slash sebagai nama panggungnya, (lahir di Hampstead, pinggiran kota London, 23 Juli 1965; umur 48 tahun), adalah seorang gitaris berkebangsaan Amerika-Inggris. Slash adalah mantan lead guitarist Guns N' Roses dan sekarang sebagai lead guitarist Velvet Revolver.

Rocker mana yang tidak kenal Slash? Namanya begitu terkenal diseluruh dunia semenjak mengorbit bersama band rock terbesar dunia, Gun’s N’ Roses. Sosoknya sangat mudah dikenali, berambut panjang, keriting, memakai topi panjang / topi sulap, dengan menggendong Gibson Les Paul serta tak lupa sebatang rokok Marlboro menempel dibibir adalah style Slash yang sangat familiar.

Ayah Slash berasal dari Inggris, sedangkan ibunya keturununan Amerika-Afrika. Ibu Slash, Ola Hudsons, adalah seorang perancang pakaian yang bekerja untuk David Bowie, dan bapaknya adalah seorang seniman yang menyumbang ansambel hidup bagi musisi terkenal termasuk Neil Young dan Joni Mitchell. Slash dbesarkan di kota Stoke-on-Trent, Staffordshire.


Di pertengahan tahun 1970. Tetapi kemudian orang tua Slash berpisah, dan setelah itu, Slash tinggal bersama ibunya dan David Geffen. Dia diberikan nama panggilan "Slash" oleh teman keluarganya, Seymour Cassel. Saat berumur 16, sebelum ia dikeluarkan dari sekolah Crespi Carmelite, Slash diberikan gitar pertamanya oleh neneknya. Gitar itu hanya mempunyai 1 helai tali (string). Dia menghabiskan setiap harinya untuk berlatih. Akhirnya, fokus seluruhnya dipertaruhkan atas musik dan dia membuat keputusan untuk berhenti sekolah.


Pada tahun 1983, setelah gagal bergabung dengan Poison bersama teman masa kecilnya, Steven Adler, mereka bersama membentuk Road Crew. Slash menempatkan iklan di sehelai koran untuk bassis, dan setelah itu ia menerima jawaban dari Duff McKagan. Ketika Road Crew bubar, Slash bergabung dengan band lokal, Black Sheep. Diketuai oleh Willie Bass, band ini kemudian saling berbagi seorang agen dengan band lainnya, yang dikenal sebagai Hollywod Rose. Pada 1984, kedua band tersebut membuka untuk band Christian Metal Stryper. Setelah pertunjukan tersebut, Slash dan lead singer Axl Rose diperkenalkan kepada satu sama lain oleh seorang teman. Keduanya dengan cepat menjadi teman, dan setelah beberapa bulan, Slash dan Steven Adler diundang bergabung dengan Axl Rose, Duff McKagan dan Izzy Stradlin sebagai personel band, Guns N Roses.


Pada tengah malam 17 September 1991 GNR menjadi band terhebat di dunia. Ratusan toko dibuka sampai pagi untuk menjual album Appetite For Destruction dan Use Your Illusion yang terdiri dari dua album. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, kedua album Use Your Illusion itu berada di peringkat pertama dan kedua album terlaris versi Billboard di AS. Pada tahun 1996 Slash meninggalkan GNR, diikuti oleh Matt Sorum (drum) dan Duff Mckagan (Bass). karena perencanaan album yang tidak kunjung kelar tersebut para personel GNR melepaskan diri.



Berikut adalah beberapa penghargaan yang ernah didapatkan oleh Slash :

1986 – The Slash AFD recording guitar is built (May)
1991 – Slash on the cover of Rolling Stone issue #596 (Jan)
2004 – “Sweet Child o’ Mine” voted No. 1 – Total Guitar “the 100 Greatest Riffs”
2004 – “Out ta Get Me” voted No. 51 – Total Guitar “the 100 Greatest Riffs”
2004 – “Welcome to the Jungle” voted No. 21 – Total Guitar “the 100 Greatest Riffs”
2004 – “Paradise City” voted No. 19 – Total Guitar’s “the 100 Greatest Riffs”
2005 – Best Guitarist – Esquire
2005 – “Slither” – Grammy Award for Best Hard Rock Performance
2006 – “Paradise City” voted No. 3 – Total Guitar’s “The 100 Hottest Guitar Solos”
2006 – “Sweet Child O’ Mine” voted No. 30 – Total Guitar’s “The 100 Hottest Guitar Solos”
2006 – “November Rain” voted No. 82 – Total Guitar’s “The 100 Hottest Guitar Solos”
2007 – Riff Lord –Metal Hammer’s 4th annual Golden Gods Awards
2007 – Star – Rock Walk of Fame
2008 – “November Rain” ranked No. 6 – Guitar World’s “The 100 Greatest Guitar Solos”
2008 – “Sweet Child o’ Mine” ranked No. 37 – Guitar World’s “The 100 Greatest Guitar Solos”
2008 – Ranked 21 – Gigwise’s List “The 50 Greatest Guitarists Ever”
2009 – Runner Up – Time Magazine “The 10 Best Electric Guitar Players”
2010 – “Slither” voted as runner-up – Total Guitar’s “The 50 Greatest Riffs of the Decade”
2010 – “By the Sword” voted as No. 22 – Total Guitar’s “The 50 Greatest Riffs of the Decade”
2010 – Honoree and plaque declaring August 26 as “Slash Day” – Sunset Strip Music Festival, award presented by West
Hollywood Mayor, John Heilman
2011 – No. 65 – Rolling Stone “The 100 Greatest Guitarists of All Time

No comments:

Post a Comment